Searching...
Desember 05, 2012

6 Larangan Dalam Merawat Rambut..!!

Larangan Dalam Merawat RambutAnda mungkin sudah sering mendengar apa saja yang harus dilakukan untuk membuat rambut lebih indah. Tapi Anda juga perlu tahu apa yang tidak boleh dilakukan untuk menjaga keindahan dan kesehatan rambut.
Lain jenis rambut, lain pula sisir yang digunakan. (Jupiterimages)

Berikut Beberapa Larangan Dalam Merawat Rambut :

Jangan menggunakan pelembab di kulit kepala
Beberapa kondisi rambut, terutama yang kering dan rapuh membutuhkan bantuan pelembap untuk membuatnya lebih sehat. Namun terutama untuk pemilik kulit kepala berminyak, menggunakan pelembab pada kulit kepala justru bisa mendatangkan masalah.
Kulit kepala akan menjadi semakin berminyak dan berpotensi menyebabkan timbulnya ketombe karena kelembapan yang berlebihan. Jika Anda memerlukan pelembap, cukup gunakan pada ujung-ujung rambut dan bilas sampai tuntas.

Jangan salah memilih sisir
Lain jenis rambut, lain pula sisir yang digunakan. Bentuk sisir didesain sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan pemilik rambut yang berbeda. Jika memilih bentuk sisir yang salah, kemungkinan rambut patah dan rontok akan semakin besar.
Sisir besar misalnya cocok untuk rambut panjang dan tebal. Sedangkan pemilik rambut rapuh sebaiknya memilih sisir dengan bahan alami seperti kayu dengan bantalan sisir yang lembut. Untuk penataan rambut yang maksimal, pemilik rambut pendek bisa memilih sisir kecil yang pipih atau sisir bulat dengan diameter kecil.

Jangan menyisir rambut terlalu kuat
Menyisir rambut terlalu kuat hanya akan membuatnya rontok. Gunakan tangan Anda untuk menyisir rambut yang kusut. Tangan bisa merasakan dan berhenti saat rambut berisiko rontok pada waktu dirapihkan. Urai perlahan-lahan dengan tangan. Setelah mulai teratur, rapihkan dengan sisir.

Jangan menggosok rambut dengan handuk
Menggosok rambut dengan handuk usai keramas bisa membuat rambut rapuh. Rambut basah jauh lebih rentan daripada rambut kering. Gosokan yang kuat pada rambut basah bisa dengan sukses membuat rambut Anda patah dan rontok.
Selain itu, lapisan alami rambut juga terancam rusak karena sekaan yang terlalu kuat. Akibatnya kilau alami rambut pun berkurang. Sebaiknya cukup tekan handuk ke bagian rambut yang basah hingga airnya meresap.

Hindari penataan rambut yang merusak
Menyasak rambut, menguncir rambut terlalu keras dan mengenakan aneka jepit yang membuat patah rambut adalah beberapa contoh penataan rambut yang sebaiknya dihindari.
Akar rambut akan mudah rapuh jika selalu dalam keadaan tertarik kencang. Selain akar rambut yang rapuh, aliran darah yang mengalir untuk menyehatkan kulit kepala pun terganggu. Akibatnya kerontokan rambut pun sulit dihindari.
Jangan memaksakan diri untuk menata rambut dengan sasakan atau ikatan keras setiap hari. Beri waktu rambut untuk beristirahat dan memulihkan kesegarannya setiap hari. Usahakan untuk mencari berbagai alternatif tatanan rambut sehingga tidak selalu fokus pada satu bagian rambut yang sama setiap hari. Hal ini bisa membuat rambut bisa beristirahat dan memulihkan kesehatannya.

Jangan asal memilih alat penataan rambut
Pengering atau pelurus rambut memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan rambut. Rambut kusam atau rontok bisa jadi akibat pemilihan alat yang salah. Pilih alat penataan rambut dengan panas yang bisa disesuaikan atau lapisan yang berbahan keramik untuk pelurus rambut. Memang biasanya harga alat ini sedikit lebih mahal daripada alat biasa.
Tetapi tak ada salahnya berinvestasi lebih untuk kesehatan rambut yang menjadi mahkota Anda. Apalagi jika Anda cukup sering menggunakannya. Alat yang lebih baik tentu bisa bertahan lebih lama dan menghasilkan penataan rambut yang lebih baik.

 

1 komentar:

  1. wah baru tau gan nih, makasih atas infonya gan,,, :)

    BalasHapus