Searching...
Desember 05, 2012

5 Langkah Mudah Perawatan Rambut Keriting

Langkah Mudah Perawatan Rambut KeritingRambut keriting memiliki tekstur dan karakter yang unik. Rambut jenis ini tentunya memerlukan perawatan yang berbeda dibanding jenis rambut lainnya.
Perawatan rambut keriting sebenarnya tak sulit. Dengan beberapa langkah yang mudah diaplikasikan sehari-hari ini, rambut keriting Anda akan semakin sehat dan menarik.

Dikutip dari Dailyglow, dermatologis asal Hollywood, Jessica Wu, mengatakan, pelembap adalah hal yang wajib bagi Anda yang berambut keriting. Biasanya rambut keriting lebih cenderung kering dan kaku. Jika tak diberi pelembap, rambut keriting mudah kusut dan terlihat kusam.
Cara menyisir
Jessica menyarankan agar para pemilik rambut keriting jangan terlalu sering menyisir rambutnya apalagi dalam keadaan kering. Menyisir rambut dalam keadaan kering akan membuat rambut terlihat kaku dan mengembang tidak karuan. Gunakan sisir bergigi jarang jika perlu merapihkan rambut.
Lebih baik sisir lah rambut usai keramas. Menyisir dengan jari jauh lebih baik ketimbang menggunakan sisir, terutama sisir yang rapat berisiko membuat rambut Anda patah karena tersangkut.
Cara memakai handuk
Usai keramas, jangan menggosok rambut Anda terlalu keras dengan handuk. Cara ini akan membuat rambut menjadi kusut dan kaku. Lapisi rambut Anda dengan handuk, lalu tekan-tekan hingga semua air di rambut meresap. Dengan cara ini tekstur rambut tetap terjaga tanpa membuatnya kusut.
Jadwal keramas
Seorang dermatologis asal California, Margrit Bradley yang dikutip dari Health Guidance menyarankan para pemilik rambut keriting untuk keramas maksimal dua kali seminggu. Beberapa bahan yang terkandung dalam shampo dapat membuat rambut keriting semakin kaku. Shampo juga terkadang mengurangi produksi pelembap alami di kulit kepala, sehingga rambut terasa makin kering.
Pengering rambut
Mengeringkan rambut keriting dengan pengering rambut elektronik bukanlah ide yang bagus. Suhu panas pengering rambut akan membuat rambut keriting makin kaku dan sulit diatur. Gunakan pengering rambut hanya pada saat-saat tertentu misalnya menata rambut saat akan pergi ke acara spesial. Hindari menggunakan pengering rambut setiap hari.

 

1 komentar: